Belajar Bahasa C Struktur Data Dan Fungsi Fungsi yang Digunakan


 Apa kabar semuanya ? ^_^ semoga sehat semua yah, dan masih semangat untuk belajar coding nya heheh  ^_^ Nah pada  kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai
 bahasa c dan cara belajarnya

Sekarang Buka Codeblock kalian masing ay. Kita mulai dengan mudah dari struktur data lengkapnya.

Membuat File Bahasa C

Silahkan buka aplikasi Code::Blocks, yang tampilan awalnya sebagai berikut:

Tampilan IDE Code Blocks

Tampilan Code::Blocks memang cukup “njelimet”, tapi anda tidak perlu paham semua menu yang ada. Kita hanya akan menggunakan beberapa menu yang penting-penting saja.
Jadi Dalam Bahasa C memiliki banyak penjelasan sebenernya mari kita bahas satu-satu :

Mulai Dari Elemenya dalam pengaplikasian, Bahasa C memiliki elemen berikut :

1. Characters
2. Identifiers
3. Keywords
4. Data Types
5. Variables
6. Constanst

Sedangkan Element dalam source codenya :
1. Ekspresi
2. Statement
3. Comments
4. Fungsi
5. Command






 Karakter yang digunakan adalah sistem ascii :

Huruf besar A .. Z
Huruf kecil  a .. z
Digit 0 .. 9
Karakter khusus seperti ‘!’ , ‘&’, ‘+’, ‘\’, ‘_’ dan
 
 Keywords adalah kata-kata yang mempunyai arti khusus pada bahasa pemrograman komputer dan tidak dibolehkan dipakai untuk identifier lain.


 Identifier Nama berbagai elemen program seperti nama variabel, fungsi, konstanta, dsb
Variable  adalah sesuatu yang memiliki alamat memori tertentu (di RAM) untuk menyimpan nilai data
Format deklarasi variabel:
<tipe> <nama [, ...]>;
<tipe> <nama = nilai_awal [, ...]>;


int a, b, c, jumlah;
float gaji, bonus;
int jml_mhs = 20;

 Pada dasarnya tipe data primitif (primitive data types) pada bahasa pemrograman C berjumlah 5:


1. Character = char = %ch,%c,%s
2. Integer = int = %i,%d
3. Floating = float = %f
4. Double Floating Point = double
5. Void = void

Tipe Data  


Empat modifiers:

 
signed
unsigned
long
short
Tipe data dalam bahasa C merupakan kombinasi antara tipe data primitif yang dasar dengan modifier di atas.
Contoh : signed char, unsigned int, long int, dll.

Konstanta adalah nilai yang tidak berubah selama proses dalam program

Contoh:
panjang = 5; // 5 adalah konstanta literal
printf(“x = %c”, ‘A’); // ‘A’ adalah konstanta literal


sizeof adalah sebuah operator untuk mengetahui jumlah memori (byte) yang diperlukan oleh suatu tipe data pada bahasa C
Sintaknya : sizeof(expression)
Contoh :
sizeof(int)// bernilai 4 pada Dev-C++ (Windows)
sizeof(int)// bernilai 2 pada Turbo C versi 2.0 (DOS)


Cast adalah proses untuk mengkonversi tipe data pada bahasa C
Sintaksis: (type)
Contoh :
int  x;
float  fx = 3.134;
x = (int)fx;


Suffix Untuk konstanta literal bilangan floating point, bahasa C menyediakan suffix (akhiran) berikut:
 F atau f untuk tipe data float
 L atau l untuk tipe data long double
 Tipe default (jika tanpa suffix ) untuk konstanta literal bilangan floating point adalah double.
Contoh:
 3.14    => (double)
 3.14f   => (float)
 3.14L  => (long double)

Nah kita mulai dari atas ,Simple Aja yah :
#include adalah sebuah directive/arahan untuk memberitahu compiler bahwa function prototype untuk fungsi printf ada pada header file stdio.h

#include ”stdio.h”
File stdio.h akan dicari mulai dari current / working directory, dan jika tidak ditemukan akan dicari di directory tempat header file tersebut disimpan pada saat compiler-nya diinstalasi.
Directive #include umumnya ditulis di awal program

Lalu apa gunanya main ?

Main adalah program fungsi utama yang harus ada dalam program c , main merupakan titik awal dan akhir biasanya ditempak di paling atas kode dan harus ada satu.

main()
{}

void main(){}

Void Main menunjukkan bahwa fungsi main tidak mengembalikan nilai apapun

Lalu apa kegunaan int,char,float ?

Int digunakan untuk variable angka
Char untuk karakter
Float untuk decimal

Lalu apa saja pengaplikasian output ?

Output ada banyak sebenarnya salah satunya :
Printf("Hallo");
Puts("Bro");

Dan untuk Input juga contoh :
Scanf("",&); untuk input harus ada %f / %d dan jga harus ada &variable
Gets(variablenya); untuk get langsung

Untuk Perulangan atau perumpamaan kalian bisa gunakan

Perumpamaan :
 Contoh :
If (Keadaan){
perintahnya
}
else if(keadaan) {
perintahnya
}
else{perintah}

Perulangan
Contoh :
for(keadaan){perintah}
while(keadaan){perintah}
do {perintah} while(keadaan)

Sedangkan Percabangan perulangan kalian bisa tambahkan for didalam if atau for didalam for
Seperti
for (keadaan){
for(keadaan){
}
}

Sedangkan untuk permenuam kita harus gunakan Switch Case ,
 Contoh :
//variablenya
int menu;
menu = 0; //agar menu tidak error saat memilih
scanf("%d",&menu);
swicth(menu)//menampilkan menu{
case 1 : //gunakan titik dua , dan angka untuk banyak menu{
printf("Perintahnya");
break;
}
case 2 : //gunakan titik dua , dan angka untuk banyak menu{
printf("Perintahnya");
break;
}}


Sedangkan Untuk Penutupnya ada 

exit(0);
break;
return 0;


Demikian artikel kali ini , Semoga berguna untuk kita semua ya. Dan tetap bahasa c berikutnya yah.

0 comments:

- Silahkan Beri komentar kritik dan saran
- Berkomentarlah yang sopan
- Dilarang spam
- Hargai Blog pembuat artikel
- Jika ingin copas | sertakan url / blog kami